Jumat, 15 Februari 2008

III. LANDASAN PERJUANGAN KYAI MODJO


Landasan perjuangan Mochammad Muslim alias Kiay Modjo adalah menegakan sariat islam di tanah jawa, artinya meluruskan ajaran islam dari pengaruh kebudayaan Hindu seperti tahayul, mistik, kurafat, bid’ah, dan sinkretisme lainnya. Ketika perang jawa meletus pada tahun 1825 Kiay Modjo sudah berusia 33 tahun atau 7 tahun lebih muda dari Pangeran Diponegoro.

Menurut Kiay Modjo, ideology untuk mendirikan suatu pemerintahan Islam ini disebutkan secara tegas ketika ia menyerah kepada Belanda pada akhir tahun 1829. Kiay modjo mengatakan bahwa tujuan utama dirinya dan para tokoh Muslim mendukung Diponegoro adalah karena janji pangeran itu untuk merestorasi agama Islam di Jawa. Peter Carrey (seorang Antropolog Amerika) mendokumentasikan pernyataan Kiay Modjo sebagai berikut (Ali Munhanif, 2002) :

“ Alasan utama mengapa saya angkat senjata (melawan Belanda) adalah karena Pangeran berjanji akan membangun suatu pemerintahan Islam. Percaya janji itu, saya langsung bergabung kepadanya. Namun belakangan, saya mendapati bahwa itu bukanlah tujuan yang sebenarnya, dan ia sebenarnya hanya ingin mendirikan suatu kerajaan baru di Jawa. Saya sendiri mengajukan keberatan atas hal itu, dan kami berdebat dengan sengit akan tujuan pemberontakan ini…… hingga akhirnya ia menyarankan agar saya berhenti berperang.”

Kiay.Modjo sebagai panglima dan penasihat utama Diponegoro berhasil mengubah modus perlawanan terhadap penjajah dari “pemberontakan” menjadi “perang sabil”. Di bawah pengaruh Kiay.Modjo, ikut sejumlah tokoh lokal; 88 kiay desa, 36 haji, 11 syech, 18 pengatur agama (penghulu, modin, khatib, juru kunci), 15 guru mengaji, dan beberapa ulama dari Bagelen, Kedu, Mataram, Pajang, Madiun dan Ponorogo, serta 3 orang santri wanita (Ali Munhanif, 2002).

Tidak ada komentar:

Petunjuk Menonto Video Secara Lengkap

Bila gambar dan suara agak tersendat atau terputus-putus, maka agar gambar dan musik dapat ditonton dan didengar secara normal harap tunggu setelah komputer anda selesai menstreaming seluruh isi video dalam beberapa menit (1 - 5 menit, tergantung pada jenis komputer anda), kemudian replay (play ulang).

Liputan 6 SCTV 2006: Punnguan Di Kampung Jawa Tondano

Cuplikan Selawat Jowo, Kampung Jawa Tondano

MusicVideo: Waki Tembo Temboan


MusicVideo Jaton : Opo Mana Natas


MusicVideo Jaton: Mesjid & Makam Kyai Modjo


Silsilah Kyai Modjo

Silsilah Kyai Modjo
Silsilah Kekerabatan Kyai Modjo & Cikal Bakal Keluarga Keturunan Mereka di kampung Jawa Tondano

Denah Kampung Jawa Tondano (JATON)

Denah Kampung Jawa Tondano (JATON)